Thursday, May 28, 2009

Let's Learn Astronomi



Astronomi merupakan cabang mata pelajaran SAINS yang mempelajari tentang angkasa luar (langit I). Kita dapat menyadari diri kita ini sangat kecil. Kita dapat menyadari bahwa ciptaan Allah SWT itu sangat indah, besar, luas dan banyak sekali. Al-Qur'an pun sudah menyampaikan ilmu pengetahuan jagat raya, contoh di dalam QS. Sajadah (surat ke-32): ayat ke-5. yang menceritakan tentang berapakah kecepatan cahaya. Lebih jelasnya anda dapat mengirimkan e-mail ke saya (amri.c.sbbs@gmail.com). Insyaallah memberikan keterangan lebih lanjut.


Mulai tahun 2004 astronomi menjadi salah satu mata pelajaran yang dilombakan dalam ajang olimpiade nasional. Pada tahun tersebut olimpiade astronomi pertama diadakan terpisah dari OSN (Olimpiade Sains Nasional) 2004 yang diadakan di Riau. Olimpiade Astronomi Nasional atau yang disebut OAN, mata lomba yang diujikan adalah teori praktek pengolahan data, observasi dan simulasi.


Salah satu masalah yang dihadapi peserta adalah bahwa mata pelajaran astronomi yang dilombakan adalah materi baru yang tidak pernah didapatkan di sekolah. Hal ini mengingat tidak adanya mata pelajaran yang khusus mempelajari astronomi. Padahal pada kurikulum dulu ada pelajaran IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa) yang mempelajari Astronomi. Banyak sisiwa yang takut untuk berpartisipasi dalam ajang olimpiade astronomi karena mereka tidak tahu harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan apa dan tidak banyak guru sekolah yang bisa menjadi tutor karena jarang ada guru yang mempelajari astronomi.


Untuk belajar astronomi anda dapat menghampiri http://www.hansgunawan-astronomy.blogspot.com/


http://www.duniaastronomi.com/ dan lain sebagainya.


Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kurang salahnya.


No comments: